TPQ

TPQ Di SD Muhammadiyah 1 Denpasar

Pertumbuhan dan perkembangan TPQ cukup pesat dan semarak di Indonesia. Hal itu menunjukkan adanya sambutan dan dukungan yang cukup baik dari masyarakat dan juga menunjukan kepedulian umat dalam upaya pewarisan dan penanaman nilai keimanan dan ketakwaan bagi generasi mendatang. Keberadaan dan pertumbuhan lembaga tersebut cukup strategis ditengah-tengah tantangan umat Islam dan tuntutan pembangunan bangsa yang menempatkan asas keimanan dan ketaqwaan (IMTAQ) sebagai asas utamanya, disamping asas ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

 

 

Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) SD Muhammadiyah 1 Denpasar

Sebuah pnyelenggaraan pendidikan nonformal jenis keagamaan Islam yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca Al-Qur’an sejak usia dini, serta memahami dasar-dasar dinul Islam pada anak usia sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah (SD/MI). Kurikulumnya ditekankan pada pemberian dasar-dasar membca Al-Quran serta membantu pertumbuhan dan perkembangan rohani anak agar memiliki kesiapan. Dalam hal ini yang dikemas dalam kegiatan pembelajaran di SD Muhammadiyah 1 Denpasar

Jadi diharapkan nantinya TPQ SD Muhammadiyah 1 Denpasar dapat menitikberatkan pengajaran pada pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan muatan tambahan yang berorientasi pada pembentukan akhlak dan kepribadian Islamiah.

 

Manfaat TPQ di SD Muhammadiyah 1 Denpasar

Taman pendidikan Al-qur’an Menciptakan generasi yang beradab dan berahlak mulia, mengajarkan para peserta didik membaca dan menulis Al-qur’an dengan baik dan benar. Selain itu mereka juga dibina agar memiliki perilaku yang baik (akhlakul karimah). Adapun beberapa materi pembinaan akhlakul karimah para peserta didik :

  1. Akhlak terhadap Allah SWT

Alam ini mempunya pencipta dan pemelihara yang diyakini ada-Nya, yakni Allah SWT. Dia yang wajib ditaati oleh segenap manusia atas segala rahmatNya. Maka manusia wajib mentaatiNya dan dan berterimakasih atas segala pemberianNya.

Materi yang diajarkan di TPQ SD Muhammadiyah 1 Denpasar yang berkaitan dengan akhlak kepada Allah adalah shalat. Para Ustadz dan Ustadzah mengajarkan untuk shalat tepat pada waktunya. Karena sholat adalah perintah Allah yang harus dipatuhi. Selain itu mereka juga mengajarkan untuk bersedekah, sebagai bukti rasa syukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan. Dengan adanya materi tersebut anak akan memiliki akhlak kepada Allah SWT.

  1. Akhlak terhadap Rasulullah SAW

Para Ustadz dan Ustadzah mengajarkan kepada peserta didiknya untuk bershalawat kepada nabi Muhammad SAW. Hal tersebut sebagai bukti kecintaan terhadap Nabi SAW. Selain itu mereka juga mengajarkan untuk meneladani sifat dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Dengan meneladani beliau maka akan tercipta akhlakul karimah.

  1. Akhlak terhadap orang tua

Orang tua sangat mengharapkan anaknya menjadi anak yang shaleh dan shalehah. TPQ SD Muhammadiyah 1 Denpasar adalah plihan tepat agar peserta didik mendapatkan pendidikan agama yang baik dan memiliki perilaku yang baik. Oleh karena itu, para  Ustadz dan Ustadzah harus berusaha mendidik siswanya agar menjadi siswa yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia. Adapun cara yang dilakukan dalam pembinaan akhlakul karimah adalah dengan cara memberikan materi pembelajaran tentang akhlak terhadap orang tua. Dengan pemberian materi tersebut diharapkan anak dapat mengetahui adab kepada orang tua dan mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Akhlak terhadap sesama

Penciptaan manusia sebagai makhluk social membuatnya selalu membutuhkan orang lain. Hidup bermasyarakat tentu bukan perkara yang mudah, hal ini merupakan perkara yang tidak boleh disepelekan. Menjaga akhlak dalam hidup bermasyarakat adalah hal yang sangat penting. Hal ini bertujuan agar hubungan baik dengan orang lain selalu terjalin dengan harmonis sehingga menciptakan rasa cinta,damai dan tenteram dalam masyarakat.

  1. Akhlak terhadap lingkungan

Lingkungan adalah tempat tinggal semua makhluk hidup. Oleh karena itu lingkungan harus dijaga kebersihannya. Karena kebersihan adalah sebagian dari iman. Sehingga makhluk yang tinggal di lingkungan tersebut dapat terhindar dari penyakit.

Para Ustadz dan Ustadzah membina akhlak para siswa terhadap lingkungan dengan cara memberikan materi tentang akhlak terhadap lingkungan. Mereka menasihati anak untuk tidak membuang sampah sembarangan. Oleh karena itu para siswa selalu membuang sampah pada tempatnya. Sehingga tercipta lingkungan yang bersih dan sehat.